Buah Dan Sayur Untuk Terapi

Author : Pdt. Evert Loupatty | Wed, 26 September 2012 - 12:11 | View : 798
Tags : Buah Sayur Terapi

Hidangan berupa buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi sebagai minuman dan makanan sehari-hari, biasanya ditekankan pada selera konsumen. Dengan demikian, hidangan tersebut harus terasa enak selain aromanya cocok dan berwarna menarik. Secara umum, buah-buahan ataupun sayuran seperti pepaya, apel, mangga, wortel, tomat, seledri, dan lain-lain akan tetap cemerlang warnanya bila dicampur dengan sedikit jeruk (lemon, keprok, atau nipis). Penambahan jeruk juga akan menambah khasiat dari juice atau masakan itu sendiri. Untuk pemanisnya lebih dianjurkan menggunakan madu atau gula merah (khususnya juice alpukat). Bagi yang sibuk, membeli juice dan penganan jadi di restoran atau kedai makanan dan minuman lebih praktis bila dibandingkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Namun, bila ditelaah lebih lanjut membuat juice dan penganan lain dari buah dan sayuran sebenarnya tidak sulit dan tidak memerlukan ketrampilan khusus karena proses pembuatannya sangat sederhana. Pembuatan juice dan penganan lain di rumah mempuyai beberapa keuntungan sebagai berikut: Buah dan sayuran yang digunakan dapt dipilih yang benar-benar matang dan segar. Dengan demikian vitamin, mineral, dan substansi lainnya masih dalam keadaan baik. Dapat dikontrol dengan tepat perbandingan berat buah atau sayuran yang dicampur. Kebersihan lebih terjamin. Lebih ekonomis karena harga buah-buahan dan sayuran mentah lebih murah daripada harga juice dan penganan yang siap untuk disantap. Kombinasi berbagai macam buah dan sayur akan menjadikan penganan atau juice kelihatan menarik. Selain itu, kombinasi berbagai macam buah dan sayur akan menambah khasiat penganan atau juice itu sendiri. Resep-resep mutakhir buah dan sayur sebagai pencegah maupun penyembuh penyakit akan disajikan sebagai berikut:

Juice Sirsak, Nenas, dan Pepaya
Khasiat: memperlancar penceranaan makanan, anti sembelit, dan meningkatkan nafsu makan. Bahan: 250 g sirsak, 100 g nenas, 100 g pepaya, 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan madu, 100 cc air dingin atau es. Cara membuat: Sirsak dan air dibuat juice, diberi madu dan air jeruk nipis. Nenas dan pepaya dipotong-potong berbentuk dadu kecil. Campurkan potongan nenas dan pepaya dengan juice sirsak.

Wedang Jahe Semangka
Khasiat: melancarkan pencernaan dan mencegah kanker. Bahan: 250 g buah semangka, 250 ml air, 125 ml sari jahe, 2 sendok makan gula pasir, 1 ons irisan jahe. Cara membuat: buah semangka dibuat bulat-bulat dengan cetakan, lalu dinginkan beberapa jam dalam lemari es. Campurkan air, sari jahe, dan gula, lalu didihkan dengan api sedang. Campurkan semua bahan kemudian hidangkan.

Nanas Campur
Khasiat: membantu pencernaan protein, membantu kesehatan mata, menurunkan kolesterol darah, dan menjaga kesehatan kulit. Bahan: 100 g wortel, 100 g mentimun, 250 g nanas matang, 4 buah cabe merah, 50 ml cuka, 400 ml air, 100 g gula merah, garam secukupnya. Cara membuat: Bersihkan (cuci) sayuran dan buah-buahan, wortel, mentimun, dan nanas dipotong-potong sebesar batang korek api atau diparut gobet. Haluskan cabai merah kemudian tambahkan cuka, air, gula merah, dan garam. Selanjutnya didihkan hingga gula larut. Masukkan wortel, mentimun, dan nanas. Biarkan hingga bumbu meresap.

Teh Jeruk Segar
Khasiat: menyembuhkan sariawan, menghilangkan batu empedu, dan mencegah sembelit. Bahan: 2 kantung teh celup, 500 ml air mendidih, 60 ml air jeruk nipis, 50 cc madu, 250 g nanas, cincang kasar, 500 ml sari jeruk lemon, 150 g melon, potong kecil-kecil, 2 buah jeruk lemon berkulit, iris tipis. Cara membuat: Tuangkan air mendidih ke dalam teh celup sampai sari teh keluar, kemudian disisihkan. Didihkan air jeruk nipis dan gula pasir di atas api sedang sampai gula larut. Angkat dan biarkan sampai dingin. Ke dalam seduhan air teh, masukkan larutan gula dan air jeruk, nanas cincang, sari buah jeruk, sari buah lemon, potongan melon, dan irisan jeruk lemon, kemudian diaduk rata. Simpan di lemari pendingin sampai waktu dihidangkan. Sajikan dalam keadaan dingin dalam gelas.

_COMMENTS


Arsip : • 2012