Berharaplah Kepada TUHAN ---- Mazmur 131 : 1 - 3

Author : Pdt. Evert Loupatty | Thu, 1 November 2012 - 10:02 | View : 1546

Betapa menjengkelakan apabila seorang pasien yang memilih untuk menerima perawatan di Rumah Sakit, namun tidak bersedia untuk mengikuti proses pengobatan yang diputuskan oleh pihak tenaga medis (dokter dan perawat). Lebih-lebih jika prosedur yang harus dijalani itu adalah untuk mempercepat penyembuhannya. Tentu upaya medis untuk membantu pasien tersebut tidak dapat secara maksimal dilaksanakan. Begitu juga halnya dengan kehidupan orang percaya, seringkali untuk segala hal yang baik dan berguna, serta yang membagnun diacuhkan bahkan terkadang dianggap sebagai 'pengganggu' untuk mencapai keinginan dan harapan dirinya. Tidak sedikit orang yang akhirnya justru semakin terikat dan terjerumus ke dalam persoalan hidup yang semakin dalam menyeretnya.

Daud sungguh menyadari bahwa ia dapat mengharapkan dan mengandalkan kuasa TUHAN jika ia menempatkan dirinya dalam kerendahan di hadapan-NYA. Sikap tinggi hati, memandang orang lain dengan sombong, bahkan mengejar yang diluar batas kemampuan dirinya akan mengakibatkan dirinya melakukan hal-hal yang justru akan merendahkannya, keberadaan seperti itu tentu sangat sulit untuk kuasa TUHAN bekerja melalui dirinya, karena kesaksian hidup akan bertentangan dengan maksud dan rencana TUHAN.

Ditengah kegalauan hidup, Daud mengajarkan supaya kita memerintahkan hati dan pikiran untuk menjadi tenang, mendiamkan jiwa yang bergejolak dan menempatkan keberadaan diri dalam kerendahan di hadapan TUHAN. 

Bergaul akrab dengan TUHAN dapat membantu kita untuk bersikap bijak dan dewasa dalam memandang persoalan hidup, keakraban ini juga sangat membantu kita untuk berharap akan segala sesuatu hanya kepada TUHAN di sepanjang langkah hidup kita di dunia ini.

 

Jadi ... rendahkanlah dirimu di hadapan TUHAN dan berharaplah kepada-NYA.

_COMMENTS


Arsip : • 2017201520132012