Nanas

Author : Pdt. Evert Loupatty | Wed, 19 December 2012 - 10:59 | View : 580
nanas.jpg

(Ananas comosus (L) Merr)

KANKER HILANG
Nanas sering dituduh penyebab keputihan sehingga perempuan menjauhi buah bersisik ini. Padahal riset terkini menunjukkan nenas sarat akan bahan antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat mengatasi penuaan dini, wasir, kanker, serangan jantung dan penghalau stress. Sumber antioksidan Nanas diketahuI banyak mengandung vitamin C dan vitamin A.

Dalam 100 gram nanas akan terkandung 24 miligram vitamin C dan 39 miligram vitamin A. Kedua vitamin ini mampu menghambat laju oksidasi molekuler yang pada gilirannya menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh.

Dalam tubuh manusia sejalan dengan usia akan terjadi paling tidak 10000 pukulan atau serangan oksidatif, gampangnya serangan karat kalau dalam bahasa sehari-hari. Sumber karat ini berasal dari sinar ultraviolet, asap kendaraan bermotor, bahan pengawet makanan. Sekali reaksi ini terbentuk, mereka akan mencari pasangan elektronnya. Jika pasangannya sudah ditemui, akan terjadi reaksi berantai dan menyerang sel-sel tubuh sehingga terjadilah pelbagai penyakit.

Dalam keadaan normal, radikal bebas yang timbul tugasnya adalah membunuh kuman. Seperti tentara pembela negara. Tetapi sialnya, jika tentara ini terlalu banyak dan musuhnya tidak ada maka ia akan mengganggu sel-sel sehat sehingga terjadilah penyakit. Untungnya didalam nanas terdapat senyawa myricetin, quercitin, tyramine, dan ferulic acidyang mampu meredam reaksi berantai radikal bebas dalam tubuh, yang pada gilirannya menekan terjadinya penyakit kanker.

Manfaat lain dari nanas adalah mencegah oksidasi lipid pada sel lensa sehingga terhindar dari katarak. Kalau anda terlanggar wasir, dengan mengonsumsi nanas 4-5 kali sehari, maka senyawa bromelin yang ada didalam nanas mampu menghentikan perdarahan dan seratnya dapat memperlancar buang air besar. Mencegah stres, Eh belum selesai, ada laporan dari penelitian Universitas Oregon, Nanas juga kaya akan kandungan serotonin (jumlahnya nggak perlu disebut), dan ini mampu menghalau stress. Tamnbahan lain kalau kadar kolesterol anda sudah manteng pol-polan, konsumsi nanas bisa memangkas kolesterol sedikit irit 10%. Yang lebih penting lagi, ada peluang awet muda.

_COMMENTS


Arsip : • 2012